Pages

Mawun, Potret Pantai Merica Indonesia

Kamu mencari tempat tenang untuk melarikan diri dari rutinitas? Lombok mungkin jadi pilihan utama dalam daftar setelah Bali, atau justru menjadi prioritas liburan kamu saat ini. Pulau Lombok layak untuk menjadi tempat liburan, selain pantainya berpasir putih, alamnya indah, kaya dengan aneka budaya dan turis tidak terlalu padat di sini.



Pantai paling indah yang saya kunjungi di Lombok adalah Mawun. Terletak jauh dipinggiran kota sekitar 1 jam 20 menit dari Kota Mataram, Lombok. Sebelah barat Pantai Kuta di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Kebetulan Novotel Lombok tempat saya menginap terletak tidak jauh dari Pantai Mawun ini, sekitar 45 menit berkendaraan motor sewaan. Harga sehari untuk sewa motor 50 ribu (setelah ditawar) dan kita bisa berkeliling sepuasnya melihat kehidupan tradisional masyarakat asli Lombok Tengah.


Bulir pasir di Pantai Mawun yang besar-besar mirip merica bumbu dapur sehingga penduduk menjulukinya Pantai Merica.


Posisi Mawun agak tersembunyi, terhimpit diantara dua bukit kecil dengan pemandangan yang spektakuler. The secret hidden place of Lombok, wisatawan asing sering menyebutnya begitu.

Turis tidak terlalu banyak berkunjung ke daerah ini, karena selain tidak tercantum dalam peta komersial untuk wisatawan, akses menuju lokasi tidaklah mudah. Jalan menuju objek ini tidak mulus dan belum seluruhnya beraspal.


Fasilitas di Pantai Mawun juga sangat minim, hanya tersedia sedikit warung kecil yang dikelola oleh penduduk setempat dengan menu yang tidak variatif. Jangan lupa siapkan bekal piknik kamu jika ingin berlama-lama menikmati keindahan pantai ini.



Blue Ocean


Semua kekurangan sarana dan fasilitas di pantai ini akan tergantikan dengan pesonanya yang menakjubkan, laut birunya, jernih airnya  tenang athmosphere-nya, akan membuat liburan kamu sempurna.


Jika kamu penggemar olah raga air, bening laut akan membangkitkan gairah menyingkap rahasia keindahan pantai ini. Berenang, snorkeling, diving atau sekedar bersantai di pesisir pantai dapat dilakukan di sini.

Tidak usah takut terganggu dengan pedagang asongan, di sini hanya sesekali pedagang asongan terlihat menjajakan kain ikat khas Lombok yang cantik. Suvenir liburan yang harganya jauh lebih murah daripada membelinya di toko.

Aktifitas lain yang dapat dilakukan adalah fotografi. Jejeran bukit dan kemolekan Pantai Mawun sepanjang 1 Kilometer dengan gelombang raksasa yang sesekali memecah pantai merupakan 'angel' yang sangat menarik untuk diabadikan. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan fotografi kamu jika berkunjung ke Pantai Mawun.


Akomodasi
Novotel Hotel
Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan untuk menemukan penginapan di daerah ini, beberapa hotel berbintang, dan losmen kecil dapat menjadi pilihan menginap. Harganya bervariasi dapat disesuaikan dengan budget perjalanan kamu.


How to get there


Apabila menggunakan transportasi umum, naik minibus dari terminal Mandalika dengan jurusan Praya, kemudian berganti ke Bemo (kendaraan umum kecil) untuk jurusan Sengkol. Kemudian berganti Bemo kearah Kuta, dari sana kamu dapat menggunakan ojek atau motor sewaan ke Mawun. Karena Pantai Mawun letaknya sangat terpencil, transportasi umum tidak tersedia menuju kawasan ini.


Jika taksi adalah pilihan kamu cobalah untuk menawar harganya. Argometer taksi berfungsi jika kita memintanya. Perjalanan ke Mawun dari Bandara Selaparang menempuh jarak 1 jam 20 menit.


Menyewa mobil atau membeli paket tour, dapat menjadi pilihan alternatif berkunjung ke Pantai Mawun. Kamu dapat bernegosiasi dengan pemandu wisatanya untuk mengunjungi pantai ini, dengan catatan akan ada perubahan itinerary tour atau kamu diminta untuk membayar biaya ekstra perjalanan.


Harga paket tour untuk sehari saat saya berlibur sekitar 250 ribuper-orang. Dan apabila menyewa mobil berikut supirnya sekitar 350 ribu per-hari.


Nah, apa kamu tertarik memasukkan Pantai Mawun pada agenda wisata selanjutnya? Bon voyage!

2 komentar:

Mieke Stefanny said...

I love it. . Wanna go there!!!!!! Miz, paket tur mana yg mencantumkan itinerary k pantai ini?

skyhils said...

Gak ada, request aja sama tour guide-nya atau rent car untuk kesana, naik angkutan agak ribet:)

Post a Comment