Pages

Danau Kembar, Surga Pencinta Fotografi

Danau ini mendapat julukan sebagai Danau Kembar karena disamping luasnya hampir sama, letak danaunya pun sangat berdekatan yaitu terletak berdampingan dengan jarak sekitar 300 meter. Namun uniknya danau yang letaknya lebih tinggi tersebut justru disebut Danau Dibawah.

Danau yang kontradiktif dengan lokasinya ini sering membuat pengunjung bertanya, kenapa danau yang terletak di atas bukit dinamakan Danau Dibawah, sedangkan yang berada di bawah bukit atau di bawah jalan dinamakan Danau Diatas. Itu karena meski terletak di atas bukit, ketinggian permukaan air Danau Dibawah sama tingginya dengan dasar danau Danau Diatas.

Danau Diatas dengan luas 17,20 meter persegi, panjang 6,25 km dan lebar 2,75 km, permukaan airnya berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (m dpl). Danau ini cukup dangkal, dengan bagian terdalam hanya 44 meter. Sedangkan permukaan air Danau Dibawah berada pada ketinggian 1.566 mdpl. Artinya, permukaan airnya sama tinggi dengan dasar air Danau Diatas. Namun, danau yang memiliki luas 16.90 meter persegi, panjang 5,62 km dan lebar 3,00 km ini sangat dalam, yaitu 886 meter. Biasanya pengunjung memilih pergi ke Danau Diatas lebih dulu dengan karcis masuk Rp1.500 untuk anak-anak dan Rp 2.000 untuk dewasa.

How To Get There

Untuk mencapai kawasan ini sangat mudah. Dari Kota Padang kita bisa naik bus antarkota dalam provinsi menuju Alahan Panjang atau Muaralabuh dengan ongkos yang terjangkau antara Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000. Berjarak sekitar 60 km akan ditempuh selama 1,5 jam dengan vegetasi alam yang berkelok-kelok.

Danau Talang berada sekitar 4,5 km dari kedua danau ini. Lokasinya yang berada di pinggang Gunung Talang dan jauh dari jalan raya membuat danau ini tidak tersohor sebagai objek wisata seperti halnya danau kembar. Ditambah lagi dengan aktifitas gunung Talang yang semakin aktif, membuat kawasan wisata ini terlarang bagi wisatawan. 
 
Pemkab Solok sedang mengembangkan kawasan wisata Danau Kembar yang memiliki tiga danau ini menjadi kawasan wisata argo di mana pengunjung bisa menikmati danau sambil menikmati suasana kebun sayur-mayur, buah-buahan, dan perkebunan teh. Di sini tersedia guest house, lapangan tenis, lapangan bola, home stay, dan jalur jalan kaki di tengah hamparan kebun teh yang terletak di lereng Gunung Talang.

Oh ya, jangan lupa untuk menyiapkan kamera Anda. Danau Kembar merupakan salah satu surga bagi pecinta fotografi. Have a pleasant holiday!

0 komentar:

Post a Comment