Pages

Potret Pesona Danau Singkarak

Bukit Barisan
Sumatra Barat adalah satu bagian kecil dari wilayah Nusantara, yang terhampar dari bagian utara yang berbatasan dengan Propinsi Sumatra Utara hingga ke selatan berbatasan dengan Propinsi Bengkulu dan Jambi.


Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan luas 107, 8 km danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Letaknya hanya berjarak sekitar 40 Km dari Bukittinggi pada ketinggian 36,5 meter dari permukaan laut.

Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis) yang berasal dari Danau Singkarak merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat. Keunikan dari ikan ini adalah sulit dibudidayakan di luar habitatnya, satu-satunya spesies ikan di dunia yang berasal di Danau Singkarak.


Danau Singkarak
Things To Do

Di tempat wisata ini Anda dapat melakukan aktivitas bersampan hingga ke tengah danau dengan menggunakan sampan sewaan. Tak jauh dari areal danau terdapat sebuah tempat peristirahatan Biteh Kacang, tepatnya yaitu di pinggiran Danau Singkarak.

Danau Singkarak juga dikenal sebagai tempat yang cukup menjanjikan sebagai daerah wisata memancing. Diantara jenis ikan-ikan yang umum dipancing yaitu asang, piyek, balingka, baung, dan ikan yang menjadi legenda Sasau, yang konon dapat mencapai ukuran berat hingga 8 Kg.

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan adalah olah raga dayung dan balap sepeda. Lomba Balap Sepeda bertaraf Internasional yaitu Tour The Singkarak merupakan salah satu program pemerintah daerah setempat sebagai promosi wisata. Perlombaan ini diselenggarakan setiap tahun dengan titik awal di kota Padang hingga garis finish di Danau Singkarak. 

Jadi, apakah Anda tertarik berlibur ke Danau Singkarak?

0 komentar:

Post a Comment