Pages

Menyusuri Eksotisme Sumatera Barat : Lembah Anai

Kecantikan Ranah Minang di Sumatera Barat memang terkenal tidak hanya di Indonesia, akan tetapi hingga ke mancanegara. Indahnya alam pegunungan berpadu dengan bukit-bukit dan gunung-gunung berapi menjulang tinggi dengan warna biru yang klasik, serta hamparan riak-riak danaunya yang membentuk barisan fatamorgana menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu negeri jamrud khatulistiwa Indonesia.

Ditambah lagi dengan hamparan sawahnya yang hijau dan kuning ibarat lautan emas bagi nagari Serambi Mekah ini. “Kampuang dari Ateh Langik”, begitulah orang setempat menjulukinya.
Potret Air Terjun Lembah Anai

How To Get There

Orang Padang biasa memanggilnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air Terjun Lembah Anai yang terletak di jalur antara Kota Padang dan Kota Bukittinggi ini berjarak hanya sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Minangkabau Padang. Transportasi dapat dilakukan melalui jalur darat menggunakan mobil pribadi, atau Bis Umum. Lokasi Air terjun Lembah Anai tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera.
Hujan gerimis mengguyur ketika Saya berkunjung ke tempat wisata air terjun ini. Suasana yang sejuk disertai kehadiran monyet-monyet liar dari balik rerimbunan hutan di sekitar air terjun, menambah suasana tempat wisata ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi.

Sekilas tentang air terjun lembah anai, ini merupakan salah satu kawasan konservasi cagar alam yang sangat dijaga keutuhan ekosistemnya dan menjadi kebanggaan bagi dunia pariwisata di Sumatera Barat. Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter, air terjun lembah anai mempunyai keunikan tersendiri yaitu airnya yang jatuh agak memanjang dari atas sehingga terkesan berdiri tegak.

Apabila berkunjung ke Sumatera Barat, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak mengunjungi objek wisata Lembah Anai ini. Tiket masuknya pun relatif murah hanya 2500 rupiah dan kita bisa menikmati keindahan alami air terjun dengan suasana pegunungan yang sejuk. Apabila anda menyukai wisata alam, tempat perkemahan pun tersedia terletak tidak jauh dari lokasi air terjun.


0 komentar:

Post a Comment