Pages

Little India


Kuil Veeramakaliamman

Apabila Anda berwisata ke Singapura jangan lupa mengunjungi sebuah kuil kecil tapi unik dan menarik di ‘Little India’. Namanya Sri Veeramakaliamman temple, sebuah situs peribadatan Hindu India. Veeramakaliamman artinya Kali Sang Pemberani. Para buruh pekerja Tamil yang membangun kuil suci Sri Veeramakaliamman ini. Kekuatan sang dewi dipercaya dapat melindungi mereka saat bekerja di tanah asing.

Kampong Kapor (Lime Village), Buffalo Village dan Kampong Baru merupakan salah satu tempat menetap mayoritas warga keturunan India, terutama yang berasal dari suku Tamil. Patung Sang Dewi dikirim dari India Selatan pada tahun 1908. Dan sejak tahun 1938 ditempatkan di Kuil Hindu ini.
 

Kuil ini memiliki design interior yang sangat indah. Di bagian depan, terdapat ornamen patung beragam dewa Hindu, menempel di dinding depan hingga menjulang tinggi di atap kuil. Di dalamnya terdapat koleksi patung Dewi Sri Veeramakaliamman yang diapit dua anaknya, Ganesha dan Murugan. Sri Veeramakaliamman memiliki banyak tangan yang semuanya memegang senjata penghancur, konon Ia juga terkenal sebagai dewi yang kejam.



Gerbang Kuil
Kuil Sri Veeramakalimman merefleksikan kesetiaan yang dalam para penganut agama Hindu Tamil terhadap agamanya dan Veeramakaliamman merupakan Dewi Ibu bagi mereka meskipun terkenal kejam. Para keturunan Tamil selalu percaya tidak akan pernah dapat hidup di suatu Negeri tanpa memiliki tempat untuk bernaung. Sekarang kuil ini tidak hanya dikunjungi oleh umat Hindu di Singapura saja akan tetapi juga menjadi tempat ziarah bagi wisatawan penganut agama Hindu dari seluruh India. Tempat suci ini juga merupakan pusat dari kebudayaan warga keturunan India di Singapura.

Jika ingin menyaksikan upacara religi di kuil tersebut, Anda dapat berkunjung pada hari Selasa atau Jumat. Namun pengunjung dilarang berpenampilan dengan pakaian terbuka dan celana pendek, serta harus melepaskan sandal atau sepatu sebagai bentuk penghormatan memasuki kuil suci. Di Little India ini juga Anda akan terhipnotis untuk berbelanja pernak pernik khas negeri India. Bau khas rempah dan kemenyan sangat menusuk hidung ketika menjejakkan kaki di kawasan ini. Bagi Anda pecinta barang-barang Ethnik, ini adalah surga benda-benda ethnik.


Little India Arcade, ini adalah salah satu lorong bagi pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai koleksi etnik khas India. Tas, gelang, pernak pernik dapat menjadi pilihan untuk oleh-oleh kerabat di tanah air. Lokasi ini juga dipenuhi dengan gerai yang kebanyakan menawarkan baju khas India yang berbahan halus dan disebut sari.


Bagi Anda yang penggemar kecantikan juga banyak terdapat salon-salon kecil yang menawarkan jasa merapihkan alis. Yang unik, mereka merapihkan alis dengan menggunakan benang. Jangan ditanya rasa sakitnya seperti apa, tapi itu konon hanya awalnya saja akan tetapi untuk selanjutnya tidak terlalu sakit. Hasil dari keunikan ini pun tidak kalah apiknya dengan style di salon-salon modern. Suasana kultur India yang kental di kawasan ini, sejenak melupakan diri bahwa Singapore merupakan salah satu Negara modern di kawasan Asia Tenggara. Little India merupakan imajinasi peradaban masa lalu yang masih sangat terpelihara kebudayaannya.

Hmmmm, selamat berpetualang ke Little India!

0 komentar:

Post a Comment